Rabu, 02 Desember 2009

menerapkan prinsip-prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak TIK

Semua pekerjaan baik di perusahaan , kantor , bengkel , maupun di luar ruangan seperti di jalan raya mengutamakan faktor kesehatan dan keselamatan kerja (k3) , karena hal tersebut ikut menentukan sukses tidaknya suatu pekerjaan . Oleh karena itu , di setiap unit kerja biasanya terdapat departemen yang mengurusi kesehatan dan keselamatan kerja karyawannya.
Saat kita menggunakan komputer , apalagi bekerja memakai komputer sehari pun penuh , tentu sangat melelahkan . meskipun hanya duduk dan mengoperasikan komputer , namun pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja juga diperlukan . ketahanan sesorang di depan komputer di pengaruhi oleh banyak hal . Antara lain : pengaturan posisi duduk yang benar , pengaturan cahaya , dan pegaturan jarak pandangan antara pengguna dengan monitor .

1. Bagian-bagian peralatan komputer yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamtan kerja

Bagian dalam komputer tersusun dari rangkaian yang berarus listrik sehingga kesehatan dan keselamatan kerja penggunannya benar-benar diperhatikan . Beberapa hal yang membahayakan kesehatan dan keselamatan pengguna komputer adalah sebagai berikut .

a. Pemasangan kabel penghubung listrik dengan CPU harus benar sehinga tidak menimbulkan hubungan pendek pada rangkaian listriknya .

b. Perhatikan masukan tegangan listrik ke CPU , apakah tegangannya naik turun atau tidak , sebab dengan tegangan yang tidak setabil dapat mengakibatkan CPU rusak .

c. gunakan ground listrik yang baik agar tidak menyisakan tegangan listrik pada casing atau monitor , sehingga pengguna komputer tidak terkena setrum .

d. Atur jarak antara mata dengan monitor sesuai dengan aturan bila perlu gunakan screen filter di monitor .

e. Jangan menggunakan keyboard dengan memukul .

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar